Tips Kesehatan, Tips Kecantikan, Tips Bisnis Online, Kuliner

Sunday, 16 August 2015

Sebab Ngiler Saat Tidur dan 5 Cara Mengatasinya

Sebab Ngiler Saat Tidur dan 5 Cara Mengatasinya
Sebab Ngiler Saat Tidur dan 5 Cara Mengatasinya

Sebab Ngiler Saat Tidur dan 5 Cara Mengatasinya – Ngiler atau dalam bahasa Jawanya ngeces, merupakan sebuah gejala yang sudah umum ketika kita sedang terlelap tidur. Namun dalam dunia medis, ngiler juga bisa menjadi sebuah pertanda munculnya penyakit yang serius.
Dalam dunia medis, ngiler pada bayi itu wajar-wajar saja karena mereka sedang mengalami pertumbuhan gigi dan hiperaktivitas kelenjar ludah. Akan tetapi untuk yang sudah dewasa kondisi semacam ini perlu diwaspadai. Mengingat ada beberapa penyakit berbahaya yang diawali dengan gejala ngiler/ngeces.

Apa Saja Penyebab Ngiler Saat Tidur?

Munculnya ngiler dapat disebabkan karena berbagai macam faktor. Mulai dari penyebab yang berkatogori ringan sampai dengan berbahaya. Penyebab munculnya ngiler diantaranya adalah:
- Terdapat masalah pada bagian mulut dan gigi
- Tidur dengan mulut terbuka lebar
- Tidur menggunakan pernapasan mulut
- Terjadi kelainan sinus
- Adanya alergi pada sistem pernapasan
- Penutupan bibir yang kurang tepat
- Pembesaran amandel
- Terjadi gangguan pada sistem saraf
- Konsumsi obat-obatan kimia tertentu.

Tips Mengatasi Ngiler Saat Tidur Agar Bisa Berhenti

1. Jangan tidur dengan mulut terbuka

Mungkin saat kita tidur, secara tidak sadar mulut membuka dengan sendirinya. Biasanya kondisi mulut terbuka ini dibarengi dengan ngorok. Usahakan ketika tidur Anda menutup mulut rapat-rapat, hal ini akan membuat keluarnya lendir dari dalam mulut lebih sedikit dan bahkan nyaris tidak ada.

2. Ubah posisi tidur

Posisi tidur miring sering dikaitkan sebagai penyebab menetesnya air liur saat tidur. Apabila setiap harinya Anda tidur miring, cobalah untuk mengubah posisi menjadi terlentang. Dengan demikian, air liur tidak akan muncul lagi saat Anda tidur.

3. Usahakan bernapas dengan hidung

Ngorok merupakan tanda bahwa ketika tidur Anda bernapas dengan menggunakan  mulut. Dalam apabila ngorok sambil tidur miring, maka resiko ngiler akan semakin besar. Anda bisa mengatasi kondisi tersebut dengan melatih pernapasan hidung. Seperti menarik napas dengan hidung secara dalam-dalam sebelum tidur.

4. Hindari obat-obatan 2 jam sebelum tidur

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan munculnya ngiler saat tidur. Menurut ahli, menghindari konsumsi obat 2 jam sebelum tidur akan sangat efektif untuk mencegah ngiler. Terutama obat-obatan yang dapat merangsang sistem saraf Anda.

5. Periksakan ke dokter dan ahli

Apabila ngiler yang Anda alami sudah cukup parah dan ditandai dengan keluar banyak air liur ketika tidur, maka sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter ataupun ahlinya. Hal ini bertujuan agar kita mengetahui penyakit berbahaya yang menyebabkan ngiler tersebut muncul.

Itulah sebab ngiler saat tidur dan 5 cara mengatasinya yang dapat kami sajikan. Semoga dapat menjadi solusi permasalah yang sedang Anda hadapi. Selamat mencoba dan salam. baca juga sebab ngorok dan cara mengatasinya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebab Ngiler Saat Tidur dan 5 Cara Mengatasinya

0 comments:

Post a Comment