Tips Kesehatan, Tips Kecantikan, Tips Bisnis Online, Kuliner

Sunday, 16 August 2015

Sebab dan 5 Solusi Mengatasi Ngorok Saat Tidur

Sebab dan 5 Solusi Mengatasi Ngorok Saat Tidur
Sebab dan 5 Solusi Mengatasi Ngorok Saat Tidur

Sebab dan 5 Solusi Mengatasi Ngorok Saat Tidur – Mendengkur atau sering disebut ngorok merupakan sebuah gejala aneh yang terjadi saat tidur. Mungkin kita tidak akan merasa mendengkur, tetapi teman yang tidur disamping kita bisa jadi terganggu karena dengkuran yang kita keluarkan.

Apa Penyebab Mendengkur Saat Tidur?

Pada dasarnya setiap hari tubuh kita mengambil dan mengeluarkan napas sebanyak lebih dari 28 ribu kali. Saat mengambil nafas berbagai macam sistem saraf bekerja untuk menyaring, menahan, menghangatkan, dan bahkan mendistribusikan udara keseluruh bagian tubuh.
Namun saat tidur, pengambilan dan pengeluaran napas tersebut terhalang oleh adanya penyempitan saluran sistem pernapasan. Akibatnya munculan sebuah suara aneh ketika yang tidak disadari. Masalah sinus, amandel, obesitas, konsumsi alkohol, dan keturunan sering dikaitkan sebagai penyebab ngorok tersebut.

Tips Mudah Mengatasi Ngorok Saat Tidur

1. Ubah posisi tidur Anda

Jangan sepelekan posisi tidur Anda, sebab posisi tidur yang salah bisa menyebabkan suara dengkuran terdengar cukup keras sekali. Biasanya posisi yang menyebabkan dengkuran terdengar keras adalah ketika terlentang. 
Hal ini terjadi karena ketika terlentang lidah menutupi bagian saluran penapasan, sehingga menyebabkan getaran suara muncul. Ada baiknya Anda mengubah posisi tidur dari terlentang menjadi posisi miring, baik miring ke kanan ataupun ke kiri.

2. Angkat sedikit kepala Anda

Cara mengatasi ngorok saat tidur selanjutnya adalah dengan mengangkat kepala. Meskipun terlihat cukup sepele, namun jika posisi kepala lebih rendah dari tubuh (saat tidur) akan menyebabkan suara dengkuran semakin keras.
Kondisi semacam ini dapat Anda atasi dengan menambahkan bantal saat tidur. Usahakan kepala berada 4 inci lebih tinggi dari tubuh saat tidur, sehingga Anda bisa terlelap tidur tanpa adanya dengkuran.

3. Hirup uap air 

Menghilangkan dengkuran dengan menghirup uap air sangatlah efektif sekali. Uap air yang hangata akan membantu merileksasi saluran pernapasan Anda. Hiruplah hangatnya uap air selama 10 menit sebelum tidur. Apabila dilakukan secara rutin minimal 1 bulan setiap malam, maka ngorok yang Anda alami selama ini bisa sembuh dengan mudah.

4. Cobalah untuk bernyanyi

Nah bagi Anda yang hobi menyanyi, silahkan sebelum tidur dendangkan lagu-lagu yang bernada tinggi. Menurut para ahli cara ini sangat efektif untuk menghilangkan dengkuran saat tidur. Sebab bernyanyi akan membuat otot tenggorokan menjadi lebih rileks dan luas. 

5. Turunkan berat badan

Sebab dan 5 Solusi Mengatasi Ngorok Saat Tidur
Sebab dan 5 Solusi Mengatasi Ngorok Saat Tidur

Obesitas (kegemukan) bisa menjadi penyebab munculnya ngorok. Hal ini dapat terjadi karena sesoerang yang berbadan gemuk biasanya sistem pernapasannya lebih cenderung sempit. Sehingga ketika tidur mereka akan lebih beresiko mengeluarkan dengkuran. Oleh sebab itu bagi Anda yang gemuk, lakukanlah diet penurunan berat badan mulai dari sekarang juga.

Itulah informasi singkat mengenai sebab dan 5 solusi mengatasi ngorok. Semoga bermanfaat dan membantu Anda, salam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Sebab dan 5 Solusi Mengatasi Ngorok Saat Tidur

0 comments:

Post a Comment