Tips Kesehatan, Tips Kecantikan, Tips Bisnis Online, Kuliner

Sunday, 16 August 2015

Awas Cara Penularan HIV/AIDS yang Perlu di Waspadai

Awas Cara Penularan HIV/AIDS yang Perlu di Waspadai
Awas Cara Penularan HIV/AIDS yang Perlu di Waspadai

Awas Cara Penularan HIV/AIDS yang Perlu di Waspadai -  HIV/AIDS merupakan penyakit yang menyerang pada bagian sistem kekebalan tubuh. Munculnya penyakit ini dapat disebabkan karena virus yang menyerang tubuh manusia.

Sudah banyak sekali penduduk di dunia ini yang terserang HIV atau AIDS. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan pencegahan mulai dari sekarang juga. Agar pencegahan penyakit satu ini lebih efektif, ketahui beberapa cara penularan HIV/AIDS berikut ini.

Cara Penularan Penyakit HIV/AIDS Pada Manusia

1. Lewat hubungan intim

9 dari 10 orang penderita HIV/AIDS berasal dari penularan lewat hubungan intim. Besarnya angka penularan lewat hubungan intim disebabkan karena memang virus tersebut banyak berkembangbiak pada organ reproduksi.
Maka dari itu bagi Anda yang sering bergonta-ganti pasangan, mulai sekarang harap lebih waspada. Virus penyebab penyakit ini dapat menular baik hubungan melalui vaginal ataupun anal (anus).

2. Transfusi darah

Awas Cara Penularan HIV/AIDS yang Perlu di Waspadai
Awas Cara Penularan HIV/AIDS yang Perlu di Waspadai

Seorang penderita HIV/AIDS bisa juga menularkan virusnya melalui tranfusi darah (donor darah). Kemungkinan seseorang terkena HIV/AIDS melalui transfusi darah ini sebesar 50 %.
Selain tranfusi darah, penularan virus HIV juga dapat melalui jarum suntik yang telah digunakan oleh penderita.

3. Saat dalam kandungan

Seorang ibu hamil yang menderita HIV/AIDS akan menularkan penyakit tersebut kepada anaknya sebesar 2x lipat. Sulitnya diagnosa penyakit HIV/AIDS pada ibu hamil menyebabkan banyak bayi yang terserang penyakit tersebut.
Banyak ahli menyarankan sebelum Anda berencana menambah anggota keluarga, lakukan terlebih dahulu pemeriksaan kondisi kesehatan tubuh antara Anda dan pasangan. 

4. Penularan lewat ASI

Cara penularan virus HIV/AIDS selanjutnya adalah melalui ASI. Virus HIV selain bersarang pada bagian organ reproduksi, mereka juga banyak terdapat di kelenjar susu ibu. Jika susu yang sudah terkontaminasi tersebut dikonsumsi oleh bayi, secara otomatis bayi tersebut akan mengidap virus penyakit AIDS. Sebelum terlambat, lebih baik periksakan kualitas ASI Anda ke ahlinya.

5. Ciuman dengan penderita

Sebenarnya penularan HIV/AIDS lewat ciuman bibir ini sangatlah kecil sekali, namun bukan berarti Anda harus mengabaikannya. Tidak masalah ketika Anda berciuman dengan penderita HIV/AIDS, asalkan dia tidak memiliki masalah pada mulut dan gigi.

Sebab masalah pada bagian mulut dan gigi seperti sariawan, gigi berlubang, ruam, dan lainnya dapat menjadi sarang berkembangnya virus tersebut. Jika Anda menelan air liur dari penderita, maka secara tidak langsung virus HIV tersebut akan menginfeksi tubuh Anda.

Itulah beberapa cara penularan HIV/AIDS yang harus Anda waspadai sekarang juga. Memang cukup sulit bagi kita untuk mencegah penyakit berbahaya ini, namun usahakan sebisa mungkin Anda menghindari beberapa cara penularan diatas. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi tambahan wawasan informasi kesehatan Anda, salam.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Awas Cara Penularan HIV/AIDS yang Perlu di Waspadai

0 comments:

Post a Comment