Tips Kesehatan, Tips Kecantikan, Tips Bisnis Online, Kuliner

Sunday, 16 August 2015

6 Tips dan Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah

6 Tips dan Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah
6 Tips dan Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah

6 Tips dan Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah – Insomnia merupakan gejala susah tidur setiap malam hari. Munculnya insomnia bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari konsumsi minuman berkafein (kopi), obat-obatan, stres, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi susah tidur cukup mudah sekali sebenarnya, namun kebanyakan diantara kita tidak mengetahui cara yang benar. Nah bagi Anda yang mengalami susah tidur simak nih 6 cara mengatasi insomnia dengan mudah.

Tips dan Cara Mengatasi Susah Tidur Dengan Mudah

1. Jauhkan gadget dari tempat tidur

Kebiasaan buruk masyarakat modern kali ini adalah membawa gadget ke tempat tidur. Gadget akan membuat kita tidak berfokus untuk istirahat, akibatnya kita akan memainkan perangkat elektronik tersebut dari pada memilih tidur. Oleh sebab itu hindari membawa gadget ke tempat tidur, Anda bisa mematikan dan memasukan gadget tersebut kedalam laci.

2. Jangan banyak tidur siang hari

Memang tidur siang hari cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh, akan tetapi dengan tidur siang terlalu banyak saat malam harinya Anda akan kesulitan untuk tertidur lelap. Anda bisa membatasi waktu tidur siang maksimal 30 menit saja, sehingga saat malam hari gejala insomnia tidak akan muncul.

3. Lakukan latihan pernapasan dan meditasi

Cara menghilangkan susah tidur dengan meditasi dan latihan pernapasan sangat mujarab sekali. Tidak perlu Anda bermeditasi di tempat khusus, cukup dengan duduk di tempat tenang dan memejamkan mata sejenak. Kemudian kombinasikan dengan menghirup napas dalam-dalam. 

4. Dengarkan musik yang tenang

Musik santai akan membuat kita lebih merasa tenang dan rileks. Ketika Anda mengalami insomnia, silahkan dengarkan musik-musik yang santai dan tenang. Terserah ingin memilih musik jenis apa sesuai selera Anda masing-masing. Usahakan mendengarkan musik 2 jam sebelum waktu tidur Anda tiba.

5. Konsumsi lebih banyak air putih

Air putih tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh saja, namun konsumsi air putih di malam hari juga cukup efektif untuk mendapatkan tidur nyenyak. Sebuah penelitian di Amerika Serikat membuktikan konsumsi air putih 4 gelas sebelum tidur, pikiran akan lebih tenang dan tidur lebih nyenyak sampai pagi hari.

6. Hindari konsumsi kopi, obat, dan alkohol

Cara mengobati insomnia yang terakhir adalah dengan menghindari konsumsi kopi, obat kimia, dan alkohol. Minuman semacam ini memiliki senyawa yang mampu merangsang sistem saraf untuk bekerja secara maksimal, akibatnya Anda akan sulit tidur.

Itulah 6 tips dan cara mengatasi insomnia dengan mudah. Selalu terapkan tips diatas setiap harinya agar Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang sebenarnya. Sekian tips pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Tips dan Cara Mengatasi Insomnia Dengan Mudah

0 comments:

Post a Comment